EFEK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI GERAK LURUS DI KELAS X SMA SWASTA JOSUA 1 MEDAN

Main Authors: Hutapea, Pinondang, Siagian, Henok
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: UNIMED , 2012
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/20649/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20649/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar siswa akibat efek model Problem Solving dan Model Ekspositori, (2) perbedaan siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dengan siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah terhadap hasil belajar, (3) apakah ada interaksi antara Model Pembelajaran Problem Solving dengan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pada materi pokok Gerak Lurus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen, dengan desain penelitian two-group pre-tes dan post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester I SMA Swasta Josua 1 Medan T.A. 2012/2013 sebanyak 4 kelas (128 orang). Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-1 dan kelas X-2 yang diambil secara Cluster random sampling, kelas X-2 diajar dengan model pembelajaran problem solving (kelas eksperimen) dan kelas X-1 diajar dengan model pembelajaran ekspositori (kelas kontrol). Data dianalisis menggunakan SPSS 17 sehingga dapat diberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji anova kecerdasan emosional siswa selama proses pembelajaran terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa. Hasil pengujian menggunakan Anova dapat disimpulkan bahwa ada interaksi antara model pembelajaran problem solving dan model pembelajaran Ekspositori dengan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar.