PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI EKOSISTEM YANGDIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE MAKE A MATCH DI KELAS X SMA NEGERI 1 PARMONANGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan tipe Make A Match (MAM) di Kelas X SMA Negeri 1 Parmonangan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian yaitu pretest dan postest, sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Parmonangan Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 2 kelas yaitu 41 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel total, terdiri dari dua kelas yaitu X1 kelas eksperimen Numbered Head Together (NHT) dengan jumlah 20 siswa dan X2 kelas eksperimen Make A Match (MAM) berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes untuk kelas eksperimen Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi yakni 82,8 dibandingkan dengan kelas yang menggunakan Make A Match (MAM) yakni 76,2. Dari hasil pengujian hipotesis thitung sebesar 2,057 dibandingkan dengan harga ttabel dengan uji dua pihak dimana dk = n1 + n2 - 2 = 39 untuk taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (2,057 > 2,022) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi pada materi Ekosistem dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan tipe Make a Match (MAM) di Kelas X SMA Negeri 1 Parmonangan Tahun Pembelajaran 2015/2016.