PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATERI SISTEM INDRA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2 0 1 5 / 2 0 1 6
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi sistem indra di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dan rancangan penelitian yang digunakan adalah Pre-test Post-test Group Design. Sampel penelitian diambil secara random sampling (sampel acak) yang berjumlah 90 orang terdiri dari 2 kelas, dimana kelas XI IPA4 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas XI IPA5 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan model pembelajaran TSTS adalah 78,81 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran TPS dengan rata-rata 72,78 Analisis pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05 menunjukkan thitung > ttabel (3,313 > 1,990), yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi sistem indra di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Medan tahun pembelajaran 2015/2016 lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan berbeda secara signifikan pada α = 0,05