Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses penyusunan LKS berbasis inkuiri terbimbing mengikuti tahap pengembangan sistem instruksional model 4-D, dan (2) menghasilkan LKS berbasis inkuiri terbimbing yang baik untuk diterapkan pada pembelajaran Biologi kelas X SMA/MA materi pokok Virus. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan desain pengembangan instruksional model 4-D, dibatasi hingga tahap pengembangan (develop). Objek penelitian adalah perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok Virus di kelas X SMA/MA. Data penelitian diperoleh dari penilaian ahli konstruksi dan ahli isi terhadap produk LKS berbasis inkuiri terbimbing menggunakan instrument penilaian LKS yang memuat aspek konstruksi, format, kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelengkapan, dan kebahasaan. Hasil penelitian diperoleh, bahwa: (1) Konstruksi LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi pokok virus untuk SMA/MA yang dihasilkan mendapat nilai 89,5 tergolong kedalam kategori sangat baik; (2) Isi LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi virus untuk SMA/MA mendapat nilai 81,25 tergolong kedalam kategori sangat baik. Hasil penelitian disimpulkan, bahwa produk LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi virus untuk SMA/MA yang dikembangkan melalui ini sudah sangat baik digunakan dalam pembelajaran biologi pada jenjang SMA/MA.