PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN SNOWBALL THROWING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA 1 SMA SWASTA TELADAN MEDAN T.P 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia melalui kombinasi model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan Snowball Throwing di kelas XI IPA 1 SMA Swasta Teladan Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap guru biologi dan siswa. Observer pelaksanaan penelitian dilakukan oleh tiga orang rekan peneliti. Pengamatan dilakukan terhadap 40 orang siswa. Indikator keberhasilan meliputi ketuntasan belajar klasikal dan observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes siswa diawal proses pembelajaran siklus I adalah 45.5 sedangkan rata-rata postes I adalah 72.25 dan terdapat 19 orang siswa (47.5%) yang termasuk kriteria tuntas dalam belajar. hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan belajar klasikal karena belum mencapai ≥85%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 74 serta terdapat 26 orang siswa (65%) yang termasuk kriteria tuntas dalam belajar, dan belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal. Pada siklus III diperoleh nilai ratarata hasil belajar siswa sebesar 81 serta terdapat 35 orang siswa (87.5%) dan telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal (≥85%). Berdasarkan persentase siswa yang aktif pada siklus I, II dan III, diperoleh peningkatan aktivitas siswa yaitu pada siklus I tingkat keaktifan siswa sebesar 55% dan pada siklus II meningkat menjadi 65% dan pada siklus III meningkat menjadi 82.5%. Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan penelitian ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa