Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan Teams Games Tournament pada materi pokok sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 8 Medan T.P 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA2 menggunakan metode Tipe Numbered Head Together dan kelas XI IPA4 menggunakan metode Teams Games Tournament, masing-masing kelas berjumlah 44 siswa dan 40 siswa. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan metode Teams Games Tournament ( ) = 75,58 dengan nilai standar deviasi (SD) = 9,629 lebih baik dari rata-rata hasil belajar siswa menggunakan metode Tipe Numbered Head Together ( ) = 70,20 dengan nilai standar deviasi (SD) = 11,053. Untuk aspek aktivitas siswa pada kelas NHT (Numbered Head Together) diperoleh nilai aktivitas siswa sebesar 70,35 diklasifikasikan dalam katagori cukup aktif dengan nilai standar deviasi (SD) sebesar 9,121, sedangkan nilai aktivitas siswa pada kelas eksperimen TGT sebesar 74,84 diklasifikasikan dalam katagori cukup aktif dengan nilai standar deviasi (SD) sebesar 8,755. Hasil hipotesis hasil belajar dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (2,08 > 1,66) sehingga dalam penelitian ini hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, hasil hipotesis aktivitas siswa dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel (1,76 > 1,66) maka Ha diterima dan H0 ditolak, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Tipe Numbered Head Together dan Teams Games Tournament dan ada perbedaan aktivitas siswa dengan menggunakan metode Tipe Numbered Head Together dan Teams Games Tournament pada materi pokok sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 8 Medan T.P 2015/2016 T.P 2015/2016