Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sciemtific inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida dinamis dan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester II SMA Negeri 20 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 dari 3 kelas secara acak yaitu kelas eksperimen dan kontrol masing-masing XI MS-1 dan XI MS-2. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran scientific inquiry dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data hasil belajar dalam penelitian, digunakan tes uraian berjumlah 10 item yang telah divalidkan. Untuk memperoleh data aktivitas siswa, digunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai pengamat. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 36,83 dan 36,48. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran sciemtific inquiry dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan perlakuan, nilai rata-rata postes kelas eksperimen dan kontrol masing masing sebesar 80,96 dan 74,80. Hasil uji t diperoleh thitung = 3,1718 dan ttabel = 1.67 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima. Rata-rata aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung sebesar 59,41 tergolong aktif dan meningkat disetiap pertemuan. Hasil ini menggambarkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan model pembelajaran sciemtific inquiry terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI semester II pada materi fluida dinamis di SMA Negeri 20 Medan T.P. 2015/2016. Kesimpulan yang di dapat adalah penggunaan model pembelajaran sciemtific inquiry hasil belajarnya lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional