Daftar Isi:
  • Pengaruh model pembelajaran Inquiry Training (IT) terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Getaran, Gelombang dan Bunyi di SMP Negeri 29 Medan dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas VIII semester II dengan melakukan pengajaran menggunakan model pembelajaran Inquiry Training dikelas eksperimen dan pengajaran konvensional di kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pretest dan Pos-test, Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari delapan kelas yaitu kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan Instrumen berupa Essay test sebanyak 10 soal. Tes hasil belajar di validkan oleh validator. Lembar penilaian observasi untuk mengukur keterampilan siswa berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) dengan taraf nyata sebesar α= 0,05 . Berdasarkan hasil penelitian pada saat pretes didapatkan bahwa