PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTU MEDIA PhET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2015/2016
ctrlnum |
20591 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/20591/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTU MEDIA PhET TERHADAP HASIL BELAJAR
SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR
KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI
10 MEDAN T.P 2015/2016</title><creator>Sinaga, Minar Veronika</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QC251 Heat</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media PhET terhadap hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari (1) tes hasil belajar bentuk essai sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli, (2) lembar observasi afektif siswa, dan (3) lembar observasi psikomotorik siswa, (4) uji hipotesis menggunakan uji t pada α = 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 30 dan kelas kontrol 34. Normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0.1445 dan kelas kontrol Lhitung = 0.0961 dengan masing-masing Ltabel = 0.1556 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,1250 dan Ftabel = 1,8245 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 74 dan kelas kovensional adalah 57. Normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0.1162 dan kelas kontrol Lhitung = 0.0737 dengan masing-masing Ltabel = 0.1556 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,6313 dan Ftabel = 1,8246 sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Hasil pengujian hipotesis thitung= 7,5977 dan ttabel= 1,6667 sehingga diperoleh thitung > ttabel maka terdapat pengaruh yang lebih baik pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media PhET terhadap hasil belajar siswa dari pada pembelajaran konvensional</description><date>2016-08-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20591/1/1.%20NIM.%204123321032%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20591/2/2.%20NIM.%204123321032%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20591/3/3.%20NIM.%204123321032%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20591/4/4.%20NIM.%204123321032%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20591/5/5.%20NIM.%204123321032%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20591/6/6.%20NIM.%204123321032%20ILUSTRATION.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20591/7/7.%20NIM.%204123321032%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20591/8/8.%20NIM.%204123321032%20APPENDICES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20591/9/9.%20NIM.%204123321032%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20591/10/13.%20NIM.%204123321032%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20591/11/14.%20NIM.%204123321032%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Sinaga, Minar Veronika (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTU MEDIA PhET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>20591</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Sinaga, Minar Veronika |
title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTU MEDIA PhET TERHADAP HASIL BELAJAR
SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR
KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI
10 MEDAN T.P 2015/2016 |
publishDate |
2016 |
isbn |
204123321032 |
topic |
LB1603 Secondary Education. High schools QC251 Heat |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/20591/1/1.%20NIM.%204123321032%20COVER.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20591/2/2.%20NIM.%204123321032%20APPROVAL%20SHEET.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20591/3/3.%20NIM.%204123321032%20ABSTRACT.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20591/4/4.%20NIM.%204123321032%20PREFACE.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20591/5/5.%20NIM.%204123321032%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20591/6/6.%20NIM.%204123321032%20ILUSTRATION.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20591/7/7.%20NIM.%204123321032%20TABLES.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20591/8/8.%20NIM.%204123321032%20APPENDICES.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20591/9/9.%20NIM.%204123321032%20CHAPTER%20I.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20591/10/13.%20NIM.%204123321032%20CHAPTER%20V.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20591/11/14.%20NIM.%204123321032%20BIBLIOGRAPHY.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20591/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media PhET terhadap hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari (1) tes hasil belajar bentuk essai sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli, (2) lembar observasi afektif siswa, dan (3) lembar observasi psikomotorik siswa, (4) uji hipotesis menggunakan uji t pada α = 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 30 dan kelas kontrol 34. Normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0.1445 dan kelas kontrol Lhitung = 0.0961 dengan masing-masing Ltabel = 0.1556 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,1250 dan Ftabel = 1,8245 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 74 dan kelas kovensional adalah 57. Normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0.1162 dan kelas kontrol Lhitung = 0.0737 dengan masing-masing Ltabel = 0.1556 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,6313 dan Ftabel = 1,8246 sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Hasil pengujian hipotesis thitung= 7,5977 dan ttabel= 1,6667 sehingga diperoleh thitung > ttabel maka terdapat pengaruh yang lebih baik pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media PhET terhadap hasil belajar siswa dari pada pembelajaran konvensional |
id |
IOS3150.20591 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2017-02-25T17:14:14Z |
last_indexed |
2017-02-25T17:14:14Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033411902799872 |
score |
17.538404 |