ctrlnum 20591
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/20591/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTU MEDIA PhET TERHADAP HASIL BELAJAR&#xD; SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR&#xD; KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI&#xD; 10 MEDAN T.P 2015/2016</title><creator>Sinaga, Minar Veronika</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QC251 Heat</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media PhET terhadap hasil belajar siswa.&#xD; Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari (1) tes hasil belajar bentuk essai sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli, (2) lembar observasi afektif siswa, dan (3) lembar observasi psikomotorik siswa, (4) uji hipotesis menggunakan uji t pada &#x3B1; = 0,05.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 30 dan kelas kontrol 34. Normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0.1445 dan kelas kontrol Lhitung = 0.0961 dengan masing-masing Ltabel = 0.1556 sehingga diperoleh Lhitung &lt; Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,1250 dan Ftabel = 1,8245 sehingga Fhitung &lt; Ftabel , maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 74 dan kelas kovensional adalah 57. Normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0.1162 dan kelas kontrol Lhitung = 0.0737 dengan masing-masing Ltabel = 0.1556 sehingga diperoleh Lhitung &lt; Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,6313 dan Ftabel = 1,8246 sehingga Fhitung &lt; Ftabel, maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Hasil pengujian hipotesis thitung= 7,5977 dan ttabel= 1,6667 sehingga diperoleh thitung &gt; ttabel maka terdapat pengaruh yang lebih baik pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media PhET terhadap hasil belajar siswa dari pada pembelajaran konvensional</description><date>2016-08-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20591/1/1.%20NIM.%204123321032%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20591/2/2.%20NIM.%204123321032%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20591/3/3.%20NIM.%204123321032%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20591/4/4.%20NIM.%204123321032%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20591/5/5.%20NIM.%204123321032%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20591/6/6.%20NIM.%204123321032%20ILUSTRATION.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20591/7/7.%20NIM.%204123321032%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20591/8/8.%20NIM.%204123321032%20APPENDICES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20591/9/9.%20NIM.%204123321032%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20591/10/13.%20NIM.%204123321032%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20591/11/14.%20NIM.%204123321032%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Sinaga, Minar Veronika (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTU MEDIA PhET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>20591</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sinaga, Minar Veronika
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTU MEDIA PhET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2015/2016
publishDate 2016
isbn 204123321032
topic LB1603 Secondary Education. High schools
QC251 Heat
url http://digilib.unimed.ac.id/20591/1/1.%20NIM.%204123321032%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20591/2/2.%20NIM.%204123321032%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20591/3/3.%20NIM.%204123321032%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20591/4/4.%20NIM.%204123321032%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20591/5/5.%20NIM.%204123321032%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20591/6/6.%20NIM.%204123321032%20ILUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20591/7/7.%20NIM.%204123321032%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20591/8/8.%20NIM.%204123321032%20APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20591/9/9.%20NIM.%204123321032%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20591/10/13.%20NIM.%204123321032%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20591/11/14.%20NIM.%204123321032%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20591/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media PhET terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari (1) tes hasil belajar bentuk essai sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli, (2) lembar observasi afektif siswa, dan (3) lembar observasi psikomotorik siswa, (4) uji hipotesis menggunakan uji t pada α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 30 dan kelas kontrol 34. Normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0.1445 dan kelas kontrol Lhitung = 0.0961 dengan masing-masing Ltabel = 0.1556 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,1250 dan Ftabel = 1,8245 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 74 dan kelas kovensional adalah 57. Normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0.1162 dan kelas kontrol Lhitung = 0.0737 dengan masing-masing Ltabel = 0.1556 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,6313 dan Ftabel = 1,8246 sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Hasil pengujian hipotesis thitung= 7,5977 dan ttabel= 1,6667 sehingga diperoleh thitung > ttabel maka terdapat pengaruh yang lebih baik pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media PhET terhadap hasil belajar siswa dari pada pembelajaran konvensional
id IOS3150.20591
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:14:14Z
last_indexed 2017-02-25T17:14:14Z
recordtype dc
_version_ 1766033411902799872
score 17.538404