Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar pengetahuan konseptual siswa akibat model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Muhammadiyah 2 Medan T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester genap SMA Muhammadiyah 2 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 soal yang telah divalidkan oleh validator. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel (2,031 > 1,997). Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual siswa daripada pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu dan Kalor Di Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Medan T.P 2015/2016.