ctrlnum 20566
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/20566/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH&#xD; TERHADAPKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA&#xD; PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X&#xD; SEMESTER II SMA NEGERI 5 MEDAN T.P 2015/2016</title><creator>Situmorang, Anju Pebrianti</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QC251 Heat</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah Fisika Siswa dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu dan Kalor kelas X SMA Negeri 5 Medan T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester genap SMA Negeri 5 Medan. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X MIPA 6 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X MIPA 7 (sebagai kelas kontrol) ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Berbasis Masalah kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan dalam bentuk tes Uraian. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 38,71 dengan standar deviasi sebesar 12,88 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 36,71 dengan standar deviasi sebesar 10,38. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, data nilai pretes dari kelas eksperimen dan kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan homogen data tersebut di uji juga dengan uji t dua pihak diperoleh thitung = (0,69) dan ttabel = (2,00) sehingga thitung &lt; ttabel. Melalui pengujian statistik diperoleh hasil yang signifikan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Berbasis Masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data postest yang diperoleh yaitu hasil rata-rata kelas eksperimen 72,29 dengan standar deviasi 11,91 dan kelas kontrol 67,09 dengan standar deviasi 12,42. Hasil uji t satu pihak diperoleh thitung = (6,08) dan ttabel = (1,67) sehingga thitung &gt; ttabel maka Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X SMA Negeri 5 Medan T.P 2015/2016.</description><date>2016-08-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20566/1/01_NIM.4123321006_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20566/2/02_NIM.4123321006_APPROVAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20566/3/03_NIM.4123321006_ABTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20566/4/04_NIM.4123321006_PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20566/5/05_NIM.4123321006_TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20566/6/06_NIM.4123321006_ILLUSTRATION.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20566/7/07_NIM.4123321006_TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20566/8/08_NIM.4123321006_APPENDICES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20566/9/09_NIM.4123321006_CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20566/10/13_NIM.4123321006_CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20566/11/14_NIM.4123321006_BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Situmorang, Anju Pebrianti (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAPKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 5 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>20566</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Situmorang, Anju Pebrianti
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAPKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 5 MEDAN T.P 2015/2016
publishDate 2016
isbn 9784123321006
topic LB1603 Secondary Education. High schools
QC251 Heat
url http://digilib.unimed.ac.id/20566/1/01_NIM.4123321006_COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20566/2/02_NIM.4123321006_APPROVAL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20566/3/03_NIM.4123321006_ABTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20566/4/04_NIM.4123321006_PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20566/5/05_NIM.4123321006_TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20566/6/06_NIM.4123321006_ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20566/7/07_NIM.4123321006_TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20566/8/08_NIM.4123321006_APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20566/9/09_NIM.4123321006_CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20566/10/13_NIM.4123321006_CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20566/11/14_NIM.4123321006_BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20566/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah Fisika Siswa dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu dan Kalor kelas X SMA Negeri 5 Medan T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester genap SMA Negeri 5 Medan. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X MIPA 6 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X MIPA 7 (sebagai kelas kontrol) ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Berbasis Masalah kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan dalam bentuk tes Uraian. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 38,71 dengan standar deviasi sebesar 12,88 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 36,71 dengan standar deviasi sebesar 10,38. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, data nilai pretes dari kelas eksperimen dan kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan homogen data tersebut di uji juga dengan uji t dua pihak diperoleh thitung = (0,69) dan ttabel = (2,00) sehingga thitung < ttabel. Melalui pengujian statistik diperoleh hasil yang signifikan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Berbasis Masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data postest yang diperoleh yaitu hasil rata-rata kelas eksperimen 72,29 dengan standar deviasi 11,91 dan kelas kontrol 67,09 dengan standar deviasi 12,42. Hasil uji t satu pihak diperoleh thitung = (6,08) dan ttabel = (1,67) sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X SMA Negeri 5 Medan T.P 2015/2016.
id IOS3150.20566
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:14:13Z
last_indexed 2017-02-25T17:14:13Z
recordtype dc
_version_ 1766033411806330880
score 17.538404