PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini apakah pengungkapan Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh perusahaan memiliki dampak positif dan mampu meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Corporate Social Responsibility berpengaruh terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan Return On Equity (ROE) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Perusahaan yang menjadi populasi dari penelitian adalah sebanyak 142 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI, selanjutnya dipilih 89 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil uji statistik F yang dilakukan, diketahui bahwa nilai F adalah sebesar 34,890 dengan tingkat signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa secara simultan Corporate Social Responsibility berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan Leverage, Growth Opportunity dan Size sebagai variabel Kontrol. Artinya semakin tinggi dan luas pengungkapan Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh perusahaan maka akan semakin meningkat pula kinerja keuangan perusahaan yang diproksikan oleh Return On Equity. Hasil penelitian ini mendukung signal theory yang menyatakan bahwa perusahaan memberikan sinyal-sinyal kepada pihak luar perusahaan dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini juga mendukung teori stakeholder yang menyatakan bahwa perusahaan tidak hanya beroperasi untuk kepentingan perusahaan semata namun juga memberikan manfaat bagi stakeholder seperti pemerintah, masyarakat, masyarakat, analis, dll. Kesimpulan dari hasil penelitian menyatakan bahwa hipotesis diterima. Corporate Social Responsibility memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan Return on Equity (ROE) dengan Leverage, Growth Opportunity dan Size sebagai variabel Kontrol