PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA DHARMA BAKTI MEDAN T.P 2015/2016
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah profesionalisme guru dan motivasi belajar siswa yang kurang baik yang mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA Dharma Bakti Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Dharma Bakti Medan dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan sampel 35 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 18 butir, kuesioner dinyatakan reliable dengan Alpha Cronbach 0,764 untuk variable profesionalisme guru dan 0,872 untuk variable motivasi belajar siswa. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, determinasi( R2) dan untuk menguji hipotesis digunakan uji T, uji ini dilakukan untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara simultan digunakan uji F. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linear berganda pada penelitian ini yaitu, Y = 32,888+ 0,318X1 + 0,294X2. Selain itu determinasi nilai Adjusted R Square sebesar 0,609 aatau 60,9%. Berdasarkan hasil analis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara profesionalisme guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa . (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara profesionalisme guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa.