ctrlnum 20548
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/20548/</relation><title>PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA&#xD; MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X&#xD; SMA NEGERI 1 PAHAE JAE&#xD; TAHUN AJARAN&#xD; 2015/2016</title><creator>Sitompul, Novita Cristina</creator><subject>BF501 Motivation</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kondisi sosial ekonomi dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Pahae Jae Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kondisi sosial ekonomi dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pahae Jae jalan Sipirok-Sarulla Kecamatan Pahae Jae Kabupaten Tapanuli Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pahae Jae yang berjumlah 117 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah secara acak yaitu berjumlah 54 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan SPSS 20. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan uji t dan secara simultan digunakan uji F.&#xD; Pengaruh antara variabel kondisi sosial ekonomi dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Pahae Jae ditunjukkan oleh persamaan regresi berganda yaitu: Y = 48,526 + 0,475 X1 + 0,175 X2. Hasil pengujian determinasi menunjukkan nilai (R2) sebesar 44,9% mengindikasikan bahwa variabel independen dalam penelitian ini yang menjelaskan variabilitas variabel dependen sebesar 44.9%. Sementara itu, sisanya sebesar 55,1% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel penelitian ini.&#xD; Untuk uji t variabel kondisi sosial ekonomi nilai thitung &gt; ttabel yaitu 4,935 &gt; 1,675 dan variabel motivasi nilai thitung &gt; ttabel yaitu 1,839 &gt; 1,675 yang berarti hipotesis diterima. Hipotesis menunjukkan nilai Fhitung &gt; ftabel yaitu 20,785 &gt; 3.18 sehingga hipotesis diterima.&#xD; Kesimpulan penelitian ada pengaruh yang positif dan signifikan kondisi sosial ekonomi dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Pahae Jae Tahun Ajaran 2015/2016</description><date>2016-06-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20548/1/1%2C%20NIM%207123141098%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20548/2/2.%20NIM%207123141098%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20548/3/4.%20NIM%207123141098%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20548/5/3.%20NIM%207123141098%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20548/6/5%2C%20NIM%207123141098%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20548/7/7.%20NIM%207123141098%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20548/8/6.%20NIM%207123141098%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20548/9/8.%20NIM%207123141098%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20548/10/12.%20NIM%207123141098%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20548/11/13.%20NIM%207123141098%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20548/12/14.%20NIM%207123141098%20DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><identifier> Sitompul, Novita Cristina (2016) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 PAHAE JAE TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>20548</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sitompul, Novita Cristina
title PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 PAHAE JAE TAHUN AJARAN 2015/2016
publishDate 2016
isbn 207123141098
topic BF501 Motivation
LB1603 Secondary Education. High schools
url http://digilib.unimed.ac.id/20548/1/1%2C%20NIM%207123141098%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20548/2/2.%20NIM%207123141098%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20548/3/4.%20NIM%207123141098%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20548/5/3.%20NIM%207123141098%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20548/6/5%2C%20NIM%207123141098%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20548/7/7.%20NIM%207123141098%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20548/8/6.%20NIM%207123141098%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20548/9/8.%20NIM%207123141098%20BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20548/10/12.%20NIM%207123141098%20BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20548/11/13.%20NIM%207123141098%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20548/12/14.%20NIM%207123141098%20DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20548/
contents Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kondisi sosial ekonomi dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Pahae Jae Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kondisi sosial ekonomi dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pahae Jae jalan Sipirok-Sarulla Kecamatan Pahae Jae Kabupaten Tapanuli Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pahae Jae yang berjumlah 117 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah secara acak yaitu berjumlah 54 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan SPSS 20. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan uji t dan secara simultan digunakan uji F. Pengaruh antara variabel kondisi sosial ekonomi dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Pahae Jae ditunjukkan oleh persamaan regresi berganda yaitu: Y = 48,526 + 0,475 X1 + 0,175 X2. Hasil pengujian determinasi menunjukkan nilai (R2) sebesar 44,9% mengindikasikan bahwa variabel independen dalam penelitian ini yang menjelaskan variabilitas variabel dependen sebesar 44.9%. Sementara itu, sisanya sebesar 55,1% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel penelitian ini. Untuk uji t variabel kondisi sosial ekonomi nilai thitung > ttabel yaitu 4,935 > 1,675 dan variabel motivasi nilai thitung > ttabel yaitu 1,839 > 1,675 yang berarti hipotesis diterima. Hipotesis menunjukkan nilai Fhitung > ftabel yaitu 20,785 > 3.18 sehingga hipotesis diterima. Kesimpulan penelitian ada pengaruh yang positif dan signifikan kondisi sosial ekonomi dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Pahae Jae Tahun Ajaran 2015/2016
id IOS3150.20548
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:14:13Z
last_indexed 2017-02-25T17:14:13Z
recordtype dc
_version_ 1766033411730833408
score 17.538404