Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasilbelajarsiswa yang diajardengan Model PembelajaranKonvensionaldan Model Pembelajaran Student Facilitator and ExplainingdenganmetodeSyndicate Group Terhadap Hasil Belajar AkuntansiSiswadi kelas XI SMK Negeri 6 Medan T.P.2016/2017 sertaadakah perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Konvensional dengan Model Pembelajaran Student Facilitator and ExplainingdenganmetodeSyndicate GroupTerhadap Hasil Belajar AkuntansiSiswadi kelas XI SMK Negeri 6 Medan T.P.2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMKNegeri 6 Medan yang terdiri dari 3 kelas paralel. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas XI AK 2 sebagai kelas eksperimen dan XI AK 3 sebagai kelas kontrol yang masingmasing terdiri dari 30 orang siswa. Teknik pengambilan sampel digunakan secara purposive sampling. Sebagai alat pengumpul dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda. Tes yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari buku Seri Pendalaman Materi Akuntansi untuk SMK dan SMK karya Diana Sinta, Dewi Syaraswati dan Emmy Ratmawaty yang diterbitkan oleh penerbitan erlangga dengan ISBN (13) 978- 602-001-0. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 38,33 dan kelas kontrol adalah 38,0, kemudian setelah dilakukan perlakuan yang berbeda yaitu Model Pembelajaran Student Facilitator and ExplainingdenganmetodeSyndicate Grouppada kelas eksperimen dan Model Pembelajaran Konvensional pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 83,83 dan kelas kontrol 68,87. Ini berarti ada pengaruh model pembelajaran tersebut. Dari hasil uji t diperoleh thitung6,0737sedangkan ttabel = 2,570 karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan ada pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and ExplainingdenganmetodeSyndicate Group Terhadap Hasil Belajar AkuntansiSiswadi kelas XI SMK Negeri 6 Medan T.P.2016/2017. Dari data yang diperoleh maka ada pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and ExplainingdenganmetodeSyndicate Group Terhadap Hasil Belajar Siswa AkuntansiSiswadi kelas XI SMK Negeri 6 Medan T.P.2016/2017.