Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa di SMK Negeri 1 Tanjung Pura. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran ROPES dan dibandingkan hasil belajar yang diajar dengan Metode Konvensional pada materi biaya bahan baku pada siswa kelas XII AK di SMKNegeri 1 Tanjung Pura. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tanjung Pura yang beralamat di JalanTengku Amir Hamzah– Kabupaten Langkat. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 68 orang. Teknik pengambilan Sampel yang digunakan adalah random sampling yaitu kelas XII AK-1sebagai kelas eksperimen dan XII AK-2 sebagai kelas Kontrol dengan masing-masing kelas terdiri dari 30 orang. Tehnik analisis data yang digunakan yaituuji normalitas menggunakan uji Liliefors, Uji homogenitas menggunakan Uji F, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan t hitung > t tabel pada α = 0,05 Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pretest X = 48,83; SD = 13,1 dan postes X = 63,16 ; SD = 12,4. Sedangkan kelas kontrol pretest X = 45,16; SD = 11,3 dan postest adalah X = 49,8 ; SD = 10,2. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis thitung sebesar 4,279 sedangkan ttabel = 1,672. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,279>1,672 yang berarti hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian hasil belajar akuntansi yang diajar menggunakan model pembelajaran ROPES lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode Konvensional pada siswa kelas XIIAkuntansi SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2016/2017 khususnya pembahasan materi biaya bahan baku