PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2016/2017
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi siswa kelas XII IS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Jobsheet lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XII IS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang beralamat di Jl. Irian Barat No. 37 Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IS yaitu sebanyak 160 orang, dan pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yang terdiri dari 2 kelas, kelas XII IS-1 yang berjumlah 24 orang dan kelas XII IS-2 yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes yang diberikan dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menghitung nilai rata-rata dan standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas dan menghitung uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α = 0,05, maka hipotesis tidak dapat ditolak. Dari hasil analisis data dan perhitungan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pre-test yaitu sebesar 46,25 dengan standar deviasi 9,12 dan nilai ratarata post-test yaitu sebesar 74,79 dengan standar deviasi 7,29. Dan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre-test yaitu sebesar 49,58 dengan standar deviasi 8,95 dan nilai rata-rata post-test yaitu sebesar 81,25 dengan standar deviasi 6,63. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan = 0,05. Pada post-test hasil belajar diperoleh thitung = 3,20 sedangkan ttabel = 1,680 dengan thitung > ttabel sehingga Ha tidak dapat ditolak. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan media pembelajaran Jobsheet lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional Tahun Pembelajaran 2016/2017.