PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING BERBASIS MEDIA MICROSOFT POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran hypnoteaching berbasis media microsoft power point dan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi pokok jurnal umum kelas X SMK Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Binjai yang beralamat di Jalan Samanhudi No 20 Binjai. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Binjai yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah total sampel yaitu dengan menggunakan 2 kelas, yaitu X AK 1 sebagai kelas eksperimen dan X AK 2 sebagai kelas kontrol,masing-masing berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 item tes. Teknik analisis data melalui uji normalitas,homogenitas dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen = 46,25 dengan standar deviasi = 9,29 dan nilai rata-rata posttest siswa setelah menggunakan model pembelajaran hypnoteaching berbasis media microsoft power point = 85,97 dengan standar deviasi = 11,20. Sedangkan rata-rata pretest siswa kelas kontrol = 44,44 dengan standar deviasi = 10,27 dan nilai rata-rata posttest = 73,75 dengan standar deviasi 11,11. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung < Ltabe) dan homogen (Fhitung < Ftabel) untuk uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung = 4,765 dan ttabel = 1,668. Maka hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,765 > 1,668 yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan 95 % dengan dk = n1 + n2 – 2 = 70. Dengan demikian hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran hypnoteaching berbasis media microsoft power point lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi pokok jurnal umum kelas X SMK Negeri 1 Binjai T.P 2015/2016 .