PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Akuntansi siswa kelas XI AK SMK Swasta PAB 2 Helvetia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional pada siswa kelas XI AK di SMK Swasta PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta PAB 2 Helvetia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK SMK Swasta PAB 2 Helvetia yang berjumlah 70 orang siswa yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas kontrol 30 orang pada kelas XI AK 1 dan kelas eksperimen 30 orang pada kelas XI AK 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menentukan uji normalitas, uji homogenitas menggunakan uji F, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria hipotesis diterima apabila thitung > ttabel pada α = 0,05. Pengujian hipotesis diperoleh thitung 5,556 dan ttabel 1,671 maka thitung > ttabel. Dengan demikian hipotesis diterima. Dari hasil analisis data menunjukkan hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran Problem Posing adalah nilai rata-rata pre-test 44,5 dengan standar deviasi 8,94 dan rata-rata post-test 81,2 dengan standar deviasi 8,17. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode konvensional adalah nilai rata-rata pre-test 44,7 dengan standar deviasi 9,37 dan rata-rata post-test 69,7 dengan standar deviasi 9,09. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, pada taraf signifikan 95% dengan α = 0,05 yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,556 > 1,671 dan dengan demikian hipotesis dapat diterima. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional pada siswa kelas XI AK di SMK Swasta PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2016/2017.