PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 4 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Binjai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Binjai Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Binjai yang beralamat di Jalan Cut Nyak Dhien No.123 Binjai Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yaitu sebanyak 88 orang, dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, kelas XI IPS 1 yang berjumlah 44 orang dan kelas XI IPS 2 yang berjumlah 44 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes yang diberikan dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya beda soal dan taraf kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu dengan menghitung mean dan standar deviasi, uji normalitas menggunakan uji lilliefors, uji homogenitas dan menghitung uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α = 0,05 maka hipotesis tidak dapat ditolak. Dari hasil analisa data dan perhitungan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pre test yaitu sebesar 47,95 dengan standar deviasi 14,64 dan nilai ratarata post test yaitu sebesar 68,07 dengan standar deviasi 12,54. Dan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre test yaitu sebesar 51,59 dengan standar deviasi 12,61 dan nilai rata-rata post test yaitu sebesar 85,34 dengan standar deviasi 7,10. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan α= 0,05. Pada post test hasil belajar diperoleh thitung = 7,89 sedangkan ttabel = 1,665 dengan thitung > ttabel sehingga Ha tidak dapat di tolak. Jadi, berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Binjai Tahun Pembelajaran 2015/2016.