PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER DENGAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS MAN 2 TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS MAN 2 Tanjung Pura. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Together dengan metode Drill terhadap hasil belajar siswa kelas XII MAN 2 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2016/2017 dengan jumlah populasi 74 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Total Sampling, dimana seluruh populasi adalah sampel yaitu kelas XII IPS-1 yang berjumlah 37 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS-2 yang berjumlah 37 orang sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes yang diberikan dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menghitung uji normalitas menggunakan uji liliefors dan menghitung uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α = 0,05, maka hipotesis diterima. ‘ Dari hasil analisis data dan perhitungan diperoleh rata-rata untuk post-tets pada kelas eksperimen sebesar 74,865 dengan standar deviasi 10,960 dan kelas kontrol diperoleh rata-rata post-tets sebesar 67,568 dengan standar deviasi 12,943. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Pada post-test hasil belajar diperoleh thitung = 2,60 dan ttabel =1,67 dengan thitung > ttabel sehingga Ha diterima. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan Model Pembelajaran Learning Together dengan Metode Drill terhadap hasil belajar Akuntansi iswa kelas XII IPS MAN 2 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2016/2017.