PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAPHASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA RK DELI MURNI DELI TUA T.P. 2015/2016
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XI IPS RK Deli Murni Deli Tua Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan pada SMA RK Deli Murni Deli Tua di jalan IR. Nogio No 117 Deli Tua. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang terdiri 2 kelas dengan jumlah 80 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Random Sampling dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas terisi dari 30 siswa dengan jumlah 60 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 soal. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pre-test siswa kelas ekperimen = 48,5 dengan Standar Deviasi = 8,215 dan nilai rata-rata posttest siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing = 83,667 dengan Standar Deviasi = 6,814. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol = 43,166 dengan Standar Deviasi = 9,954 dan nilai rata-rata post-test siswa setelah menggunakan metode pembelajaran Konvensional = 66,833 dengan Standar Deviasi = 5,33. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistibusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan dipeoleh thitung > ttabel (2,526 > 1,667), yang berarti hipotesis dapat diterima anatara variabel X dan Y pada taraf signifikan 95% atau alpha 0,05% dengan dk= N + N – 2 = 58. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional materi pencatatan transaksi ke jurnal umum pada siswa kelas XI IPS SMA RK Deli Murni Deli Tua T.P 2015/2016.