PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK SWASTA YAPIM SIMPANG KAWAT TAHUN AJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa dikelas XI SMK Swasta Yapim Simpang Kawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Swasta Yapim Simpang Kawat Tahun Pembelajaran 2015/2016 Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Yapim Simpang Kawat yang beralamat di Jl. Besar Simpang Kawat No. 24 B Kecamatan Air Batu – Kabupaten Asahan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 80 orang. Sampel yang digunakan, kelas XI AK 1 sebagai kelas eksperimen dan XI AK 2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas terdiri dari 40 orang. Tehnik yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal, yang terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan uji daya beda. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors, Uji homogenitas menggunakan Uji F, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan t hitung> t tabel pada α = 0,05 Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pretest X = 38,5; SD = 9,88 dan postes X = 71 ; SD = 14,98. Sedangkan kelas kontrol pretes X = 35,38; SD = 9,43 dan postest adalah X = 52,25 ; SD = 15,27. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis thitung sebesar 5,63 sedangkan ttabel = 2,01. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 5,63 > 2,01 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model Pembelajaran Children Learning in Science Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Swasta Yapim Simpang Kawat Tahun Pembelajaran 2015/2016