Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar dan prestasi belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kreativitas guru dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Tunas Karya Batang Kuis T.P 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Tunas Karya Batang Kuis yang berjumlah 70 siswa. Dan sampel yang diambil secara acak dengan menggunakan teknik random sampling sebanyak 50 siswa dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas angket diuji dengan menggunakan rumus Product Moment sedangkan reliabilitas angket diuji dengan menggunakan rumus Alpha. Untuk menguji hipotesis menggunakan rumus koefisien korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) ada hubungan yang positif antara kreativitas guru dengan prestasi belajar akuntansi siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,490 yang dikategorikan sedang. 2) ada hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar akuntansi siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,621 yang dikategorikan cukup kuat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang positif antara kreatifitas guru dalam mengajar dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar akuntansisiswa kelas X SMK Tunas Karya Batang Kuis T.P 2015/2016.