PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS DI SMA SWASTA HKBP 2 TARUTUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa dikelas XII IPS SMA Swasta HKBP 2 Tarutung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS SMA Swasta HKBP 2 Tarutung Tahun Pembelajaran 2016/2017 Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta HKBP 2 Tarutung yang beralamat di Jl. A. Yani II/20 Kecamatan Tarutung - Kabupaten Tapanuli Utara. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 40 orang. Sampel yang digunakan, kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XII IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas terdiri dari 20 orang. Tehnik yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal, yang terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan uji daya beda. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors, Uji homogenitas menggunakan Uji F, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan t hitung> t tabel pada α = 0,05 Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pretest X = 41,0; SD = 8,36 dan postes X = 72,25 ; SD = 9,24. Sedangkan kelas kontrol pretes X = 40; SD = 9,46 dan postest adalah X = 59,3 ; SD = 8,47. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis thitung sebesar 4,73 sedangkan ttabel = 2,05. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,73 > 2,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Swasta HKBP 2 Tarutung Tahun Pembelajaran 2016/2017