Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntans siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan Pendekatan Reciprocal Teaching dengan Strtegi Card Sort lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model Pengajaran Langsung pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kabanjahe yang beralamat di Jalan Jamin Ginting No 31 Kabanjahe. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kabanjahe yang berjumlah 111 siswa. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah Cluster Random Sampling yaitu dengan menggunakan 2 kelas, yaitu XII IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XII IPS 3 sebagai kelas kontrol,masing-masing berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 item tes. Teknik analisis data melalui uji normalitas,homogenitas dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen = 45 dengan standar deviasi = 9,35 dan nilai rata-rata posttest siswa setelah menggunakan pendekatan Reciprocal Teching dengan strategi Card Sort = 82,6 dengan standar deviasi = 9,36. Sedangkan rata-rata pretest siswa kelas kontrol = 45 dengan standar deviasi = 9,24 dan nilai rata-rata posttest =62,4 dengan standar deviasi 9,25. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung < Ltabe) dan homogen (Fhitung < Ftabel) untuk uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung = 7,760 dan ttabel = 2,063. Maka hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 7,760 > 2,063 yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan 95 % dengan dk = n1 + n2 – 2 =48. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan dengan pendekatan Reciprocal Teaching dengan strategi Card Sort lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pengajaran langsung.