PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Tujuan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share dengan pendekatan saintifik lebih tinggi dibandingkan hasil belajar yang diajar dengan metode Konvensional pada materi pokok karakteristik perusahaan dagang kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 tanjung Morawa yang beralamat di Jl. Batang Kuis Pasar VII, Tanjung Morawa, Deli Serdang pada tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XII IPS sejumlah 151 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPS2 dan XI IPS4 sejumlah 30 siswa untuk masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes pilihan berganda berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui hasil validitas, hasil reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 84,167 dengan Standar Deviasi (SD) = 7,777 dan skor rata-rata kelas kontrol 77 dengan Standar Deviasi (SD) = 8,769. Dengan demikian hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan pendekatan saintifik lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Kemudian ditemukan bahwa data berdistribusi normal dan juga homogen, sehingga dapat dilakukan pengujian hipotesis penelitian. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung = 3,35 dan ttabel = 1,6723, sehingga thitung > ttabel (3,35 > 1,6723) pada taraf signifikan pada α= 0,05, yang berarti hipotesis penelitian diterima. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan pendekatan saintifik lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran akuntansi kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tanjung Morawa tahun pembelajaran 2016/2017 pada pokok bahasan karakteristik perusahaan dagang