Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK-2 YAPIM Simpang Kawat T.P 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK-2 YAPIM Simpang Kawat T.P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMK-2 YAPIM Simpang Kawat dengan Jumlah Populasi 107 orang siswa dan sampel 52 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu . teknik proportionate Stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Uji Validitas angket menggunakan korelasi Product, Moment, Realibilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus Cronbanch alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji determinasi (R2), uji t dan uji F. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan SPSS 22 diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 3.365+ 0,658X1 + 0, 293X2 Nilai determinasi (R2) kontribusi variabel motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 54,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Selanjutnya variabel motivasi belajar (X1) memiliki pengaruh yang positip dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar akuntansi siswa dengan nilai thitung > t tabel (7,173> 1,666) dengan sig 0,003, sementara lingkungan belajar (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung>ttabel (3,255 >1,666) dengan sig0,002. Secara bersama-sama motivasi belajar dan lingkungan belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan Fhitung >Ftabel (29.727>3,13) Dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan lingkungan belajar siswa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK- 2 YAPIM Simpang Kawat T.P. 2015/2016.