PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK DI SMK JAMBI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model Problem Based Learning Berbasis Scientific Approach lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model Problem Based Learning pada siswa kelas X Ak di SMK Jambi Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Jambi Medan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X Ak berjumlah 49 orang yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling dimana setiap kelas diambil 20 siswa. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar akuntansi adalah tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes, dan daya pembeda tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata post tes siswa kelas eksperimen I = 82,75 dengan standar deviasi = 9,524 dan nilai rata-rata post tes siswa kelas eksperimen II = 71 dengan standar deviasi = 10,208. Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji t dan diperoleh