PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN CHANGING PATRNER TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS MAN 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS di MAN 3 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Posing dan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Changing Partner siswa kelas XI IS MAN 3 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 3 Medan yang beralamat di Jl. Pertahanan No.99 Medan Amplas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS yang berjumlah 80 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen 1 (XI IS1) dan eksperimen 2 (XI IS2) yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Dimana sebelumnya tes ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t pada taraf α= 0,05. Dari hasil analisis data kelas eksperimen 1 nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 33,67 dan 77,83 dengan standar deviasi 13,38 dan 12,01. Sedangkan pada kelas eksperimen 2 nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 32,5 dan 70,17 dengan standar deviasi 11,72 dan 13,42. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung=2,332 dan ttabel = 1,671. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung> ttabel yaitu 2,332> 1,671. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung> ttabel maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Changing Partner pada siswa kelas XI IS MAN 3 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016