PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA PRIMBANA MEDAN T.P 2016/2017
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Primbana Medan T.P 2016/2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Primbana Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Primbana Medan yang beralamat di Jalan Jenderal A.H Nasution No. 45 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Swasta Primbana Medan T.P 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 52 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 orang dan total sampel 50 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur hasil belajar akuntansi berbentuk objektif pilihan berganda sebanyak 20 soal. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu di awal (pre-test) dan di akhir (post-test) penelitian. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menghitung uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05, maka hipotesis diterima. Dari hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 73 dengan Standar Deviasi (SD) = 8,660 dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol 60,8 dengan Standar Deviasi (SD) = 8,621. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung = 3,80 dan ttabel = 1,684, sehingga thitung > ttabel (3,80 > 1,684) pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05, yang berarti hipotesis penelitian diterima. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Primbana Medan T.P 2016/2017.