PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NOMINAL GROUP TECNIQUE (NGT) TERHADAPHASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Nominal Group Tecnique (NGT) dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pantai Cermin yang beralamat di Jl. Menang No 1 Pantai Cermin Serdang Bedagai pada tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI AK sejumlah 66 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian yaitu kelas XI AK 1 dan XI AK 2 sejumlah 20 siswa untuk masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan untukmengukur hasil belajar adalah tes pilihan berganda berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian data post test diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 80,00 dengan Standar Deviasi (SD) = 8,43 dan skor rata-rata kelas kontrol 68,75 dengan Standar Deviasi (SD) = 8,41. Dengan demikian hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Nominal Group Tecnique (NGT) lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Kemudian ditemukan bahwa data berdistribusi normal dan juga homogen, sehingga dapat dilakukan pengujian hipotesis penelitian. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung = 4,226 dan ttabel = 1,707,sehingga thitung > ttabel (4,226 > 1,707) pada taraf signifikan pada α= 0,05, yang berarti hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Nominal Group Tecnique (NGT) lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Pembelajaran 2016/2017