Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dengan Strategi Index Card Match terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di Negeri 1 Percut Sei Tuan yang beralamat di Jalan Irian Barat, No. 37 Sampali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 160 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Purposive sampling yaitu kelas XII IPS 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas XII IPS 4 sebagai kelas kontrol sebanyak 30 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang berjumlah 20 soal, sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menghitung uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α=0,05, maka hipotesis diterima. Dari hasil analisis data, nilai rata-rata hasil pretest kelas eksperimen adalah 44,50 dan kelas kontrol 43,33. Nilai postest kelas eksperimen adalah 80,33 dan kelas kontrol 68. Hasil uji thitung adalah 6,03 sedangkan ttabel = 2,04 dengan thitung > ttabel ( 6,03 >2,04) yang berarti hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan Strategi Index Card Match berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2016/2017.