Daftar Isi:
  • Masalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi kelas XI SMK YPK Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving pada siswa Kelas XI SMK YPK Medan T.P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMK YPK Medan T.P 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK YPK Medan yang berjumlah 80 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, yaitu kelas XI Ak 1 berjumlah 36 orang pada kelas eksperimen I dan kelas XI Ak 2 berjumlah 36 orang pada kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar akuntansi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 30 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas menggunakan uji F, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila memang menunjukkan thitung > ttabel pada α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Talk Write lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model Thinking Aloud Pair Problem Solving. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Think Talk Write adalah nilai rata-rata pre test 40,14, dengan nilai tertinggi 65 dan terendah 15 serta simpangan baku 10,86 dan post test sebesar 77,08 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 50 serta simpangan baku 10,72. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving adalah nilai rata-rata pre test 37,92 dengan nilai tertinggi 55 dan nilai terendah 15 serta simpangan baku 10,65 dan post test sebesar 66,67 dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 50 serta simpangan baku 11,40. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,92 > 1,6683 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan kata lain hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving pada siswa kelas XI SMK YPK Medan T.P 2015/201