Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran jobsheet terhadap hasil belajar MYOB siswa kelas XII-AK di SMK Jambi Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Jambi Medan yang beralamat di Jl. Pertiwi No. 116 Bantan, Medan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII AK berjumlah 156 orang yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling sehingga masingmasing kelas diambil 25 siswa sebagai sampel yang sebenarnya. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar MYOB adalah tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil uji hipotesis t test diperoleh nilai thitung sebesar 4,712, sedangkan ttabel sebesar 1,6736 pada tingkat kepercayaan 95% dan sehingga thitung > ttabel (4,712 > 1,6736) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar MYOB yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran jobsheet lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar MYOB yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran jobsheet pada siswa kelas XII-AK di SMK Jambi Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017