PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTASI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA TELADAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Teladan Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Teladan Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Teladan Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Swasta Teladan Medan sebanyak 3 kelas yang keseluruhan berjumlah 104 orang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang diambil secara random sampling, yaitu kelas XII IPS-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS-2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda (multiple choice) sebanyak 20 soal. Teknik analisis data dilakukan dengan uji asumsi dan uji beda atau uji-t. Hasil penelitian diperoleh rata-rata siswa pada kelas eksperimen, sebelum diberikan perlakuan pengajaran sebesar 50,65 dan setelah diberikan perlakuan pengajaran dengan model pembelajaran Project Based Learning, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 77,36. Sementara nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol, sebelum diberikan perlakuan pengajaran sebesar 48,94 dan setelah diberikan perlakukan pengajaran dp0p-0engan pembelajaran konvensional mengalami peningkatan menjadi 67,23. Selanjutnya dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 6,066 > ttabel = 1,68 pada taraf α = 0,05, maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi kelas XII IPS di SMA Swasta Teladan Medan tahun pembelajaran 2016/2017.