Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cell dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan pada SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan di jalan Akasia No 8 Jambur Pulau Perbaungan. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri 2 kelas dengan jumlah 87 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas XAK 1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas X-AK 2 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas terisi dari 40 siswa dengan jumlah 80 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pre-test siswa kelas ekperimen = 57,125 dengan Standar Deviasi = 15,102 dan nilai rata-rata post-test siswa setelah menggunakan model pembelajaran Learning Cell dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing = 83,625 dengan Standar Deviasi = 10,62. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol = 55,375 dengan Standar Deviasi = 12,678 dan nilai rata-rata post-test siswa setelah menggunakan model pembelajaran Konvensional = 77,625 dengan Standar Deviasi = 10,681. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistibusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan dipeoleh thitung > ttabel (2,526 > 1,667), yang berarti hipotesis dapat diterima anatara variabel X dan Y pada taraf signifikan 95% atau alpha 0,05% dengan dk= N + N – 2 = 78. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cell dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing lebih tinggi signifikan dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X Akuntansi SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan T.P 2015/2016.