PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SWASTA PRAYATNA 1 MEDAN T.P 2015/2016
Daftar Isi:
- bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Make A Match terhadap hasil belajar siswa administrasi perkantoran di SMK Swasta Prayatna 1 Medan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu dengan melibatkan dua kelas penelitian dan memberikan perlakuan yang berbeda pada masingmasing kelas penelitian tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK Swasta Prayatna 1 Medan yang berjumlah 118 orang. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tekhnik simple random sampling dimana sampelnya terdiri dua kelas, yaitu kelas eksperimen (X-1 AP) dan kelas kontrol (X-2 AP) yang masing–masing kelas terdiri dari 39 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Hasil analisis data setelah diberikan perlakuan berbeda menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas ekperimen 82,05 dengan standar deviasi 11,51. Dan nilai rata-rata kelas Kontrol 74,87 dengan standar deviasi 14,48. Untuk mengetahui normalitas data hasil belajar menggunakan uji Liliefors, dan untuk mengetahui homogenitasnya menggunakan uji F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak. Dari perhitungan hipotesis yang diperoleh thitung = 2,49 dan ttabel = 1,995. Hasil perhitungan hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 2,49 > 1,995 maka hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Make A Match terhadap hasil belajar siswa administrasi perkantoran di smk swasta prayatna 1 Medan T.P. 2015/2016.