Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran Everyone Is Teacher Here terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran Everyone Is Teacher Here pada mata pelajaran Kewirausahaan SMK Swasta Prayatna 1 Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP yang berjumlah 90 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI AP-1 (Eksperimen I) yang berjumlah 30 orang dan XI AP-2 (Eksperimen II) yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dari 25 soal pilhan berganda yang telah diuji validitasnya dengan 5 pilihan jawaban. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 76,67 dengan standar deviasi sebesar 7,81. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen II adalah sebesar 71,83 dengan standar deviasi 10,379. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk= n1 + n2 – 2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,197 dan ttabel sebesar 1,671. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,197 > 1,671) maka hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran Everyone Is Teacher Here terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick lebih tinggi dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 75,78% dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Everyone Is Teacher Here dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 71% pada mata pelajaran kewirausahaan SMK Swasta Prayatna Medan T.P 2016/201