PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X AP DI SMK SWASTA MUHAMMADIYAH 5 KISARAN T.P. 2015/2016
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di SMK Swasta Muhammadiyah 5 Kisaran T.P. 2015/2016 pada mata pelajaran kearsipan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X AP Di SMK Swasta Muhammadiyah 5 Kisaran T.P. 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP Di SMK Swasta Muhammadiyah 5 Kisaran, yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 64 orang. Dan yang menjadi sampel adalah seluruh kelas X AP tersebut dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes berbentuk pilihan berganda untuk soal pre tes dan post tes dengan jumlah 20 soal terdiri dari 4 pilihan jawaban. Salah satu pilihan merupakan kunci jawaban, sedangkan 3 pilihan lainnya sebagai pengecoh. Dimana pada soal tersebut 20 soal dinyatakan valid. Dari hasil anaisis data, di peroleh nilai rata-rata dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik pre tes = 39,68; SD = 9,99, Dan post tes = 81,71; SD = 8,29. Sedangkan dengan pembelajaran konvensional pre tes = 38,59 SD = 8,54, dan post test = 72,03; SD = 10,22. Untuk pengujian hipotesis digunakan rumus ANAVA satu arah, setelah dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas sampel. Dari rata-rata hasil post tes kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh data Fhitung > Ftabel yaitu 4.56 > 3.98 bahwa Hipotesis diterima. Maka disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dengan Pendekatan Saintifik terhadap hasil belajar kearsipan siswa kelas X AP SMK Swasta Muhammadiyah 5 Kisaran T.P 2015/2016.