PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MAN 1 MEDAN T.P 2016/2017
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di MAN 1 MEDAN. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Solving dan Motivasi Belajar terhadap Peningkatan hasil belajar. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi guru dan calon guru dalam memilih model pembelajaran yang diterapkan agar siswa dapat lebih termotivasi dalam belajar sehingga hasil belajar yang dicapai dapat maksimal. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas XI IPS MAN 1 MEDAN T.P 2016/2017. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS yang terdiri atas 2 kelas (60 siswa). Kelas IPS2 sebagai kelas kontrol dan kelas IPS3 sebagai kelas Eksperimen. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah total sample. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar melaksanakan motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 item dan angket sebanyak 20 item. Hasil analisa data menunjukkan data nilai rata-rata kelas eksperimen 77 dengan simpangan baku 11,34, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 71,5 dengan simpangan baku 10,6. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus anava satu jalur. Dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh bahwa yaitu 2,2 > 1,65. Dengan kata lain hipotesis diterima. pengaruh antara kreativitas terhadap hasil belajar di kelas eksperimen yaitu dan pengaruh antara motivasi belajar terhadap peningkatan hasil belajar di kelas kontrol sebesar yaitu 1,92 > 1,65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh model pembelajaran Problem Solving dan motivasi belajar terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi MAN 1 MEDAN T.P 2016/2017, dapat diterima