Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran peralatan kantor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peralatan kantor yang diajar dengan model pembelajaran Scramble dan Explicit Instruction serta melihat hasil belajar peralatan kantor dengan model pembelajaran Explicit Instruction lebih tinggi dari pada hasil belajar peralatan kantor yang diajar dengan model pembelajaran Scramble pada siswa kelas XI AP SMK Negeri 1 Tanjung Pura T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI AP SMK Negeri 1 Tanjung Pura T.P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI AP SMK Negeri 1 Tanjung Pura yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 99 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI AP1 sebagai kelas eksperimen I berjumlah 33 siswa dan XI AP3 sebagai kelas eksperimen II yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling (sampel acak).Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk Multiple Choice sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “uji t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen I dengan menerapkan model pembelajaran Scramble diperoleh rata-rata pre test 51,21, dengan nilai tertinggi 75 dan terendah 30 serta standar deviasi 11,252 dan rata-rata post test sebesar 76,06 dengan nilai tertinggi 95 dan terendah 55 serta standar deviasi 9,16. Sedangkan hasil belajar siswa kelas eksperimen II dengan menerapkan model pembelajaran Explicit Instruction diperoleh rata-rata pre test 55,15 dengan nilai tertinggi 75 dan terendah 30 serta standar deviasi 12,341 dan rata-rata post test 80 dengan nilai tertinggi 95 dan terendah 60 serta standar deviasi 8,926. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Scramble terdapat pengaruh positif dan signifikan yaitu thitung > ttabel (10,1 > 1,664). Hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Explicit Instruction terdapat pengaruh positif dan signifikan yaitu thitung > ttabel (9,63 > 1,664). Dan hasil belajar dengan membandingan kedua model pembelajaran tersebut bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Explicit Instruction lebih tinggi daripada hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Scramble