ctrlnum 20451
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/20451/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM&#xD; SOLVING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP&#xD; HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 1 STABAT&#xD; T.P 2016/2017</title><creator>Azhar, Intan Nisa</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>T58.5 Information technology</subject><description>Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dan Media Audio Visual terhadap hasil belajar siswa juga untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dan siswa yang diajarkan dengan Media Audio Visual pada mata pelajaran Ekonomi MAN 1 Stabat TP. 2016/2017.&#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan IPS yang berjumlah 72 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi yaitu kelas X IPS-1 (Eksperimen I) yang berjumlah 36 orang dan X IPS-2 (Eksperimen II) yang berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 4 pilihan jawaban.&#xD; Hasil analisis data setelah diberikan perlakuan dengan masing-masing model pembelajaran menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 80,5556 dan standar deviasi sebesar 10,1965. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen II adalah sebesar 73,3333 dan standar deviasi 10,2120. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dengan dk= n1 + n2 &#x2013; 2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,98 dan ttabel sebesar 1,667. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung &gt; ttabel (2,98 &gt; 1,667) maka hipotesis diterima.&#xD; Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif yang signifikan model pembelajaran Creative Problem Solving dan Media Audio Visual terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 31,20% dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Media Audio Visual dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 27,27% pada mata pelajaran Ekonomi kelas X MAN 1 Stabat T.P 2016/2017</description><date>2016-08-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20451/1/1.%20NIM.%207123341048%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20451/2/2.%20NIM.%207123341048%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20451/3/4.%20NIM.%207123341048%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20451/4/3.%20NIM.%207123341048%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20451/5/5.%20NIM.%207123341048%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20451/6/6.%20NIM.%207123341048%20LIST%20OF%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20451/7/7.%20NIM.%207123341048%20LIST%20OF%20FIGURES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20451/8/8.%20NIM.%207123341048%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20451/9/12.%20NIM.%207123341048%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20451/10/13.%20NIM.%207123341048%20BIBLIOGRAPHY%20.pdf</identifier><identifier> Azhar, Intan Nisa (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 1 STABAT T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>20451</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Azhar, Intan Nisa
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 1 STABAT T.P 2016/2017
publishDate 2016
isbn 207123341048
topic LB1603 Secondary Education. High schools
T58.5 Information technology
url http://digilib.unimed.ac.id/20451/1/1.%20NIM.%207123341048%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20451/2/2.%20NIM.%207123341048%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20451/3/4.%20NIM.%207123341048%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20451/4/3.%20NIM.%207123341048%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20451/5/5.%20NIM.%207123341048%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20451/6/6.%20NIM.%207123341048%20LIST%20OF%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20451/7/7.%20NIM.%207123341048%20LIST%20OF%20FIGURES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20451/8/8.%20NIM.%207123341048%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20451/9/12.%20NIM.%207123341048%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20451/10/13.%20NIM.%207123341048%20BIBLIOGRAPHY%20.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20451/
contents Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dan Media Audio Visual terhadap hasil belajar siswa juga untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dan siswa yang diajarkan dengan Media Audio Visual pada mata pelajaran Ekonomi MAN 1 Stabat TP. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan IPS yang berjumlah 72 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi yaitu kelas X IPS-1 (Eksperimen I) yang berjumlah 36 orang dan X IPS-2 (Eksperimen II) yang berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 4 pilihan jawaban. Hasil analisis data setelah diberikan perlakuan dengan masing-masing model pembelajaran menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 80,5556 dan standar deviasi sebesar 10,1965. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen II adalah sebesar 73,3333 dan standar deviasi 10,2120. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dengan dk= n1 + n2 – 2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,98 dan ttabel sebesar 1,667. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,98 > 1,667) maka hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif yang signifikan model pembelajaran Creative Problem Solving dan Media Audio Visual terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 31,20% dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Media Audio Visual dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 27,27% pada mata pelajaran Ekonomi kelas X MAN 1 Stabat T.P 2016/2017
id IOS3150.20451
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:14:10Z
last_indexed 2017-02-25T17:14:10Z
recordtype dc
_version_ 1766033411030384640
score 17.538404