PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA AP SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA T.P 2016/2017
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI SMK Swasta PAB 2 Helvetia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar kewirausahaan pada ranah kognitif siswa Kelas XI AP1 SMK Swasta PAB 2 Helvetia T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK AP Swasta PAB 2 Helvetia T.P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Swasta PAB 2 Helvetia yang berjumlah 110 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI AP 1 yang berjumlah 36 orang pada kelas eksperimen dan kelas XI AP 2 yang berjumlah 36 orang pada kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kewirausahaan dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Dimana sebelum tes ini diberikan kepada sampel sesungguhnya, maka tes ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang diperoleh terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis digunakan uji t pada taraf α=0,05. Dari analisis data diperoleh hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Creative Problem Solving adalah nilai rata-rata pre test 46,53, dengan nilai tertinggi 65 dan terendah 25 serta standar deviasi 11,14 dan post test sebesar 82,03 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 65 serta standar deviasi 9,44. Sedangkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah nilai rata-rata pre test 47,78 dengan nilai tertinggi 65 dan nilai terendah 10 serta standar deviasi 11,98 dan post test sebesar 74,03 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 55 serta standar deviasi 9,39. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,584 > 1,668 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan kata lain hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar kewirausahaan pada ranah kognitif siswa kelas XI AP1 SMK Swasta PAB 2 Helvetia T.P 2016/2017.