Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan gadget sebagai media belajar dan kreativitas belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kearsipan siswa kelas XI AP SMK Swasta Bersama Berastagi T.A 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan gadget sebagai media belajar dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar kearsipan siswa kelas XI AP SMK Swasta Bersama Berastagi T.P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI AP SMK Swasta Bersama Berastagi T.P 2015/2016. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Swasta Bersama Berastagi dengan jumlah siswa 36 orang dan semua menjadi sampel dalam penelitian ini. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Angket yang digunakan berjumlah 25 soal untuk masing-masing variabel dan studi dokumen (DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel tes diuji dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Kemudian data di analisis dengan rumus regresi linier berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial uji t dan secara simultan digunakan uji f. Setelah uji validitas untuk variabel X1 dan X2 dilakukan dengan masing-masing variabel 25 intrument hasilnya keseluruhan valid. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh rtabel = 0,361, maka rhitung> rtabel (0,952 > 0,361) X1, rhitung>rtabel (0,900 > 0,361) X2. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh permasalahan garis linier Y = 48,498 + 0,189X1 + 0,259X2. Secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan gadget sebagai media belajar terhadap prestasi belajar sebesar 2,082 dan ada pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar sebesar 2,313 dan uji f diperoleh Fhitung sebesar 8,147 sedangkan Ftabel 3,28 berarti Fhitung >Ftabel (8,147 > 3,28) maka hipotesis H3 diterima atau ada pengaruh positif dan signifkan antara penggunaan gadget sebagai media belajar dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar kearsipan siswa kelas XI AP SMK Swasta Bersama Berastagi T.P 2015/2016