PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN SISWA SMK NEGERI 1 SIDIKALANG TAHUN AJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kearsipan siswa SMK Negeri 1 Sidikalang Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kearsipan siswa SMK Negeri 1 Sidikalang Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sidikalang Jln. Ahmad Yani No. 136, Batang Brruh Sidikalang dan dilaksanakan pada Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Sidikalang yang berjumlah 105 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 orang yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Hasil analisis yang diperoleh untuk Pengaruh fasilitas belajar (X1) dengan hasil belajar kearsipan (Y) diperoleh r_hitung>r_tabel (0,499>0.213) dan hasil yang diperoleh untuk pengaruh motivasi belajar (X2) dengan hasil belajar kearsipan (Y), diperoleh r_hitung>r_tabel (0,336>0.213). Dalam perhitungan korelasi ganda diperoleh r_hitung>r_tabel (0,367>0.213). Untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan rumus uji t dengan taraf signifikan 95% dan alpha 5%. Hasil yang diperoleh t_hitung>t_tabel (3,21>1,66388), yang berarti hipotesis diterima yaitu ada pengaruh fasilitas belajar (X1) dengan hasil belajar kearsipan (Y) dan t_hitung>t_tabel (2,448>1,66235) yang berarti hipotesis diterima yaitu ada pengaruh motivasi belajar (X2) dengan hasil belajar kearsipan (Y). Untuk menguji hipotesis secara simultan digunakan rumus uji F. Hasil yang diperoleh adalah F_hitung>F_tabel (13,26>3,11) yang berarti hipotesis diterima yaitu ada pengaruh fasilitas belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) dengan hasil belajar kearsipan (Y). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar kearsipan siswa SMK Negeri 1 Sidikalang Tahun Ajaran 2015/2016.