Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman dan kepercayaan diri pada peserta didik terhadap modalitas belajar atau gaya belajar yang mereka miliki dalam menerima dan memproses informasi yang mereka terima pada saat proses belajar mengajar sedang berlangsung di kelas. Dengan adanya modalitas belajar mereka dapat mengetahui gaya belajar seperti apa yang mereka butuhkan dan dengan adanya konsep diri yang positif akan meningkatkan prestasi belajar menjadi lebih baik. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara modalitas belajar dan konsep diri dengan prestasi belajar siswa kelas X SMK Swasta Jaya Krama Beringin. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X AP SMK Swasta Jaya Krama Beringin Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2015/2016. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X AP yang terdiri atas 2 kelas yaitu kelas X AP1 dan X AP2 yang berjumlah 47 siswa. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebanyak 20 item. Berdasarkan hasil analisis varian satu arah (ANOVA) diperoleh bahwa modalitas belajar siswa cenderung kinestetik dengan jumlah siswa 23 orang (48,94%) dengan nilai rata-rata siswa 75,07. Selanjutnya visual dengan jumlah 20 orang siswa (42,55%) dengan nilai rata-rata sebesar 78,71 dan auditorial hanya berjumlah 4 orang siswa (8,51%) dengan nilai rata-rata 75,00. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji hipotesis secara simultan atau uji F maka diperoleh Fhitung > Ftabel (8,048 > 4,06) dengan taraf signifikan 0,009 (<0,05) dan analisis regresi linier berganda diperoleh Y’ = 45,586+ 0,145X1 + 0,363X2 dengan persentase sumbangan hubungan R2 (R Square) sebesar 0,638 atau 63,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada hubungan modalitas belajar dan konsep diri dengan prestasi belajar siswa kelas X SMK Swasta Jaya Krama Beringin Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2015/2016, dapat diterima.