PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN MODEL PROBLEM BASE LEARNING (PBL) DALAM HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X SMK YAPIM MEDAN T.P. 2016/2017
Daftar Isi:
- Salah satu permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan Indonesia adalah masalah lemahnya proses pembelajaran . Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menunjang terapainya tujuan pembelajaran mata pelajaran kewirausahaan adalah dengan menerapkan modepembelajaran yang bervariasi. Seperti model pembelajaran mind mapping dan problem based learning . Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui bagaimana pemilihan model dan strategi pembelajaran yang akan diterapkan di dalam kelas memiliki peranan dalam hasil belajar siswa (2) mengetahui Perbandingan penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Problem Based Learning dalam hasil belajar Kewirausahaan Siswa. Penelitian dilakukan di SMK YAPIM Medan yang beralamat di Jl. Air Bersih No.16 Medan.metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Total Sampling dimana yang dijadikan objek penelitian dalam penelitian ini adalah jumlah keseluruhan siswa/siswi SMK YAPIM Medan yaitu sebanyak 70 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dari hasil belajar sisiwa atau nilai rata-rata kelas yang diberi pengajaran dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK YAPIM Medan diperoleh nilai sebesar 74,71 sementara hasil belajar sisiwa atau nilai rata-rata kelas yang diberi pengajaran dengan menerapkan model pembelajaran problem Based Learning diperoleh nilai sebesar 69,29. Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yang lebih baik digunakan dalam mata pelajaran kewirausahaan siswa/siswi SMK YAPIM Medan yaitu model pembelajaran mind mapping