Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di SMKSwasta Immanuel Kabanjahe.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK AP yang berjumlah 44 orang, penelitian ini menggunakan sampel total.Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, wawancara dan angket. Data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda.Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial uji T dan secara simultan digunakan uji F. Setelah uji validitas untuk variabel X1, X2 dan Y dilakukan dengan masing-masing variabel 20 instrumen, hasil keseluruhannya valid. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh 0,919> 0,443) untuk pengalaman praktek kerja industri dan 0,917> 0,443 untuk motivasi memasuki dunia kerja.Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis linear Y = 27,465 + 0,317 X1 + 0,394 X2. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t pada taraf signifikansi 95% dengan alpha 5%.Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa praktek kerja industri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan memasuki dunia kerja yaitu 5,946 > 2,018 dan motivasi belajar siswa juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan memasuki dunia kerja siswa yaitu 5,815 > 2,018. Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa variabel praktek kerja industri dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap kesiapan memasuki dunia kerja dengan signifikansi 95% dan alpha 5% yaituFhitung>Ftabel (51,014> 3,23). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara praktek kerja industri dan motivasi belajar siswa terhadap kesiapan memasuki dunia kerja. Hasil dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Swasta Immnauel Kabanjahe T.ahun Pembelajaran 2016 / 2017 memiliki praktek kerja industri cukup baik dan memiliki motivasi belajar siswa yang baik serta kesiapan memasuki dunia kerja kerja yang baik pula.