Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi pelajar siswa pada mata pelajaran KKPI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan variasi mengajar guru dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa SMK Swasta PAB-3 Medan T.P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta PAB-3 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Swasta PAB-3 Medan yang berjumlah 42 orang dan sampel sebanyak 42 orang yang diambil secara total sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu X AP1 dan X AP2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil analisis yang diperoleh untuk variabel variasi mengajar guru (X1) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel (2,491 > 2,021), menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara variasi mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa. Hasil analisis yang diperoleh untuk variabel gaya belajar siswa (X2) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel (2,732 > 2,021), menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Dalam perhitungan regresi linear berganda diperoleh nilai konstanta 12,017, koefisien regresi variasi mengajar guru (X1) sebesar 0,707 dan koefisien regresi gaya belajar siswa (X2) sebesar 0,564. Untuk menguji hipotesis variasi mengajar guru dan gaya belajar siswa secara simultan menggunakan uji f dengan taraf signifikasi 95% diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (6,969 > 3,24), menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara variasi mengajar guru dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara variasi mengajar guru dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa SMK Swasta PAB-3 Medan T.P 2015/2016